Tiga Desa di Belu Ikrar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Foto: Evo/ Wakil Bupati Belu bersama Masyarakat Desa Tohe

Beisarinlo’o_TOHE.DESA.ID. Masyarakat Desa Asumanu, Tohe dan Maumutin menyatakan ikrar pada kegiatan Pengresmian Desa Tohe sebagai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sementara Desa Asumanu dan Desa Maumutin sebagai Desa ODF (Open Defecation Free) pada Jumat (30/07) bertempat di Balai Kantor Desa Tohe Kecamatan Raihat-Belu.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Belu – Aloysius Haleserens, MM ini berlangsung meriah dengan penegakkan protokol kesehatan yang ketat. Pada kegiatan pengresmian Desa Tohe sebagai desa STBM dan dua desa lainnya sebagai desa ODF (Maumutin & Asumanu) masyarakat dari ketiga desa itu mengungkapkan langsung ikrar secara bersama-sama untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam masyarakat desanya.

Foto: Evo/ Penyerahan Piagam oleh Wagub Belu Kepada Kades Asumanu-Gervasius Bau

Berikut Ikrar dari ketiga masyarakat desa perbatasan di wilayah Kecamatan Raihat.

KAMI MASYARAKAT DESA TOHE, DESA MAUMUTIN DAN DESA ASUMANU PADA HARI INI JUMAT TANGGAL 30 JULI TAHUN 2021 BERJANJI:
  1. TIDAK LAGI BUANG AIR BESAR DI SEMBARANG TEMPAT.
  2. AKAN TERUS MEBUDAYAKAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN AIR MENGALIR SERTA MENYIAPKAN SARANA ATAU TEMPAT CUCI TANGAN DI RUMAH KAMI MASING-MASING.
  3.  AKAN TERUS MENGAMANKAN AIR MINUM DAN MAKANAN YANG SUDAH DIMASAK PADA TEMPAT ATAU WADAH YANG BERSIH DAN TERTUTUP AGAR TERHINDAR DARI LALAT, KECOAK DAN TIKUS.
  4. TIDAK LAGI MEMBUANG SAMPAH DI SEMBARANGAN TEMPAT DAN TERUS MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DARI JENIS SAMPAH APAPUN, SERTA MENYIAPKAN TEMPAT ATAU LUBANG SAMPAH DI TEMPAT KAMI MASING-MASING.
  5. AKAN TERUS MENJAGA LINGKUNGAN KAMI DARI GENANGAN AIR LIMBAH RUMAH TANGGA, ATAU AIR KOTOR DARI DAPUR DAN KAMAR MANDI AGAR LINGKUNGAN BERSIH DAN TERHINDAR DARI PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN.
  6. AKAN MENGIKAT DAN MENGKANDANGKAN TERNAK JAUH DARI RUMAH AGAR KAMI TERHINDAR DARI BAU, LALAT DAN KECOAK.
DEMIKIAN JANJI KAMI SEMOGA KAMI MASYARAKAT DESA TOHE, DESA MAUMUTIN DAN DESA ASUMANU AKAN TERUS MEMPERTAHANKAN DAN MEMPRAKTEKKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SETIAP SAAT SEBAGAI DESA SANITASI TOTAL BERMASYARAKAT (STBM) DAN DESA OPEN DEFECATION FREE (ODF).

Itulah ikrar atau janji yang digaungkan bersama oleh masyarat dari tiga desa tersebut dalam kegiatan pengeresmian desa STBM dan Desa ODF di Raihat.

Wakil Bupati Belu juga menyerahkan secara langsung cindera mata didampingi oleh Pimpinan Yayasan Pijar Timur dan Camat Raihat berupa Piagam penghargaan kepada masing-masing Kepala Desa yakni Kades Asumanu (Gervasius Bau), Kades Maumutin (Yohanes Kali) dan Kelurahan Manumutin sebagai Desa ODF serta Piagam kepada Pj. Kepala Desa Tohe (Cyprianus Mau) sebagai desa STBM. (Adm_Evo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan