Zoom Meeting; Pj. Kades Tohe ikuti Webinar Percepatan Pencairan Dana Desa dan Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa

Foto: Evo/Zoom Meeting Bersama Gubernur NTT

Beisarinlo’o_TOHE.DESA.ID.  Penjabat Kepala Desa Tohe – Cyprianus Mau mengikuti kegiatan Webinar bersama Gubernur NTT, para Bupati dan Wagub se-NTT, Camat, dan Kades via Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi NTT dengan topik “Percepatan Pencairan Dana Desa dan Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa”, bersama keempat Kepala Desa lainnya (Kades Tohe Leten, Kades Raifatus, Kades Maumutin dan Kades Aitoun), Tenaga Ahli, didampingi oleh Camat Raihat – Arther H. Rinmalae, SP bertempat di Kantor Desa Tohe-Beisarinlo’o pada Selasa (13/07).

“Anggaran 3T sesungguhnya menjadi modal besar untuk NTT, Desa menjadi Bahtera NTT. Berbagai alasan yang masi dikemukakan diantaranya refokusing dan beberapa hambatan kebijakan daerah menjadi penghambat pencairan Dana Desa”. Papar Kadis BPMD Propinsi NTT dalam pembukaan Webinar bersama Gubernur NTT.

Gubernur NTT dalam arahannya mengajak Bupati agar lebih fokus terhadap Kepala Desa dan Kepala Desa, sementara itu bagi para Kades agar berpastisipasi untuk mencairkan dana untuk pengendalian Covid-19 di desa sehingga bisa deselesaikan dalam tempo yang tidak terlalu lama. Berikutnya terkait Healt Imunity Gubernur NTT menegaskan agar pada tahun ini Propinsi NTT bisa merayakan Natal yang akan datang tanpa masker dengan cara satu-satunya tanpa pilihan lain yakni vaksin. Oleh karena itu proses vaksin saat ini yang sudah mencapai 70% kiranya bisa dipercepat hingga 100% dengan adanya peran dari semua pemangku kepentingan.

Dalam tanggapan Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus , Sp.Pd-KGEH, FINASIM upaya penanganan kasus terkonfirmasi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Belu telah melakukan berbagai kesiapan secara baik dan terukur pada kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Fasilitas Kesehatan termasuk di dalamnya tempat untuk karantina.

“di Kabupaten Belu kasusnya meningkat tetapi masih dalam kendali, ada penambahan pasien yang sakit dan dirawat di ICU, namun pasien yang sembuh juga banyak. Selain itu tingkat pemanfaatan tempat tidur dibawah 50%, kesiapan SDM dan Fasilitas kesehatan telah dipersiapkan secara baik”, tanggap Bupati Belu dalam webinar bersama Gubernur NTT.

Selanjutnya bahwa Pemkab Belu terus berupaya untuk mempercepat pelaksanaan vaksin Covid-19 kepada masyarakat di Belu. “ada permasalahan dengan sistem input data sehingga menghambat penyediaan Vaksin di tingkat kabupaten, akan tetapi dari segi kesiapan sarana dan prasarana sudah dipersiapkan dengan baik sehingga mempercepat proses vaksinasi tahap I dan II”, tambahnya.

Terkait dengan penyerapan Anggaran  yang merupakan bagian dari penanganan Covid-19 baik di Desa maupun tingkat Kabupaten  Belu saat ini masih dalam proses dan kedepan akan dipercepat penyerapan dananya. (Admin_Evo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan