Direktur Rumah Khusus Pantau Langsung Pekerjaan Rumah Bantuan di Desa Tohe

Foto: Evo/Kunjungan Direktur Perumahan Khusus di Desa Tohe

Beisarinlo’o, TOHE.DESA.ID. Direktur Rumah Khusus-Ir. Yusniewati, M.Sc meninjau langsung pekerjaan pembangunan Rumah bantuan khusus sebanyak 100 unit di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Belu. Sabtu (13/03)

Foto: Evo/Temu sapa Direktur Perumahan Khusus Kementerian PUPR

Tujuan kunjungan ini bertujuan melihat secara langsung progres pekerjaan rumah yang sudah dimulai sejak bulan November tahun lalu.

Dalam sapaan pembukanya Ibu Yuni sangat mengharapkan agar pekerja bisa selesai tepat waktu pada bulan Maret untuk tahap awal sehingga bisa dilanjutkan untuk 100 rumah berikutnya pada bulan juni mendatang.

“Mengenai jumlah unit rumah yang dibangun sejak tahun 2020 kemarin sebanyak 200 unit dan saat ini yang dikerjakan 100 dan harus selesai secepatnya pada bulan maret. Harus selesai bulan Maret karena sudah ada perpanjangan waktu, kemudian dilanjutkan dengan 100 unit sisanya pada bulan Juni hingga Agustus mudah-mudahan sudah selesai tepat waktu dan tidak ada hambatan karena pada pekerjaan kemarin yang menjadi hambatan adalah cuaca” tuturnya.

Hal lain terkait yang menjadi penting adalah penghunian karena tujuan utama membangun rumah dari Kementerian PUPR adalah menyediakan rumah yang layak huni bagi warga perbatasan khususnya warga baru akibat masalah sosial yang lalu. Iya mengakui ketersedian rumah ini masih kurang namun akan dilanjutkan pembangunan secara bertahap sehingga Ia mengharapkan agar proses seleksi terhadap calon penghuni oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah desa secepatnya rampung pada bulan Juni mendatang sehingga rumah-rumah tersebut bisa segera dihuni, sambung Yusni.

Sebelum meninjau langsung proses pekerjaan di lapangan ibu direktur bersama rombongan diterima sesuai protokol covid kemudian dikalung oleh Camat Raihat di Kantor Desa Tohe bersama Pj. Kepala Desa Tohe bersama staf, BPD, Kepala Dusun dan Rt/Rw setempat.

Camat Raihat Arther H. Rinmalae mewakili masyarakat Raihat mengucapkan terima kasih berlimpah kepada Kementrian PUPR melalui kehadiran Ibu direktur di Desa Tohe sehingga bisa melihat langsung permasalahan dan kondisi perumahan yang ada di wilayah ini.

“Perumahan ini sudah dikerjakan dari tahun lalu dan direncanakan itu 200 unit tetapi pekerjaannya dua tahap. Tahap I sebanyak 100 unit dan prosesnya sementara berjalan sedangkan 100 nya untuk Tahap II yang pekerjaannya akan dilaksanakan pada bulan mendatang. Persoalan rumah di Desa Tohe saat ini memang menjadi masalah tersendiri dengan jumlah penduduk yang padat akibat kebijakan politis pada tahun 99 sehingga mendapat masukkan penduduk yang sangat besar sekitar 60% dengan tingkat hunian 3 – 4 Kepala Keluarga dalam satu rumah. Sehingga pola hunian yang demikian tentu menjadi masalah secara kemanusiaan” Imbuh Camat Arther mengawali sapaan sekaligus sebagai laporan.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Balai Perumahan wilayah NTT, Kepala Bidang Perumahan Dinas PUPR Kabupaten Belu, Camat Raihat, Pj. Kepala Desa Tohe, BPD, Kepala Dusun dan RT/RW.

Dari Kantor Desa Tohe Direktur bersama tim menuju lokasi pekerjaan rumah di Wemori dan memantau langsung pekerjaan yang sedang berlangsung. Kedatangan rombongan inipun disambut hangat oleh para teknisi dan masyarakat yang bekerja di lokasi. Ia memantau progres pembangunan rumah yang sudah 80% dan mengecek langsung kondisi rumah-rumah yang sudah dibangun.

Foto: Evo/Dirut Perumahan memantau langsung pekerjaan dan kesiapan material pembangunan rumah di Desa Tohe

Kepada Pengawas di lapangan Dirut berharap agar pembangunan rumah tersebut segera dirampungkan sesuai jadwal karena sudah diberi ijin penambahan waktu agar bisa dilanjutkan dengan pekerjaan 100 unit rumah berikutnya. (Adm_Evo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan