86 KK di Dusun Maubesi-Bian masih menggunakan Pelita

Maubesi, TOHE.DESA.ID. Warga Dusun Maubesi Desa Nonatbatan, Kecamatan Biboki Anleu, TTU hingga saat ini belum menikmati listrik.

Agustinus Antoi (46) Kepala Dusun Maubesi ketika berbincang di pinggir pantai kepada tim media desa mengungkapkan kerinduannya untuk segera mendapatkan fasilitas listrik dari PLN.

Terdapat 86 Kepala Keluarga di dusunnya yang sama sekali belum mendapatkan aliran listrik negara. “Kami sudah mencoba mengusulkan lewat anggaran desa namun tidak diakomodir karena tidak ada pos di anggaran desa, sehingga setiap kali dalam musyawarah kami selalu bahas tentang listrik tapi bingung mau kemana kami harus laporkan” papar Agus.

Foto: Evo/Sunset of Maubesi beach

Kampung yang berjarak kurang lebih 4 Km dari jalur umum Atambua-Wini itu merupakan salah satu kampung tertua yang memiliki destinasi wisata pantai yang bersih dan elok, dengan masyarakatnya yang ramah dan umumnya bermatapencaharian utama sebagai petani, peternak dan nelayan yang turut menyumbangkan hasil ikan bagi masyarakat dua kabupaten yakni Belu dan TTU. Dari pantai inilah anda bisa menikmati indahnya pemandangan saat matari mulai tenggelam di ujung lautan.

Belum ada sama sekali pembangunan infrastruktur berupa jalan raya (hanya jalan tanah), listrik, air, jaringan telekomunikasi, sekolah dan fasilitas kesehatan di wilayah ini sehingga bisa disimpulkan bahwa kampung tersebut tergolong sangat tertinggal karena masih sangat jauh dari harapan serta kualitas sumber daya manusia yang sangat terbatas.

Untuk sekolah saja anak-anak harus menempuh perjalanan yang jauh dengan berjalan kaki. Bila musim hujan tiba maka anak-anak tidak bisa kesekolah karena jalanan berlumpur dan terancam banjir yang sesewaktu bisa melanda pemukiman warga seperti kejadian 4 tahun lalu. Bisa dibayangkan bagaimana nasib anak sekolah dengan situasi pandemi saat ini yang mewajibkan siswa belajar dari rumah jika tidak ada listrik apalagi jaringan telekomunikasi.

Kadus Agustinus Antoi sangat mengharapkan ada pihak yang bisa membantu mereka terlebih pemerintah daerah setempat untuk menjawabi persolan yang mereka hadapi saat ini, mengingat kampung ini merupakan salah satu tempat yang memiliki potensi pariwisata yang bagus dan bisa dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. (Admin_Evo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan