TRADISI PANEN IKAN DESA TOHE

Kroek_TOHE.DESA.ID. – Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi terkait penangkapan ikan. Tradisi ini karena beberapa sebab diantaranya adat istiadat dan warisan turun temurun dari nenek moyang. Salah satu tradisi yang ada di Desa Tohe, Dusun Kotakfau, Kabupaten Belu dikenal dengan tradisi sa’u ikan.

Penangkapan ikan yang dilakukan di daerah khususnya Desa Tohe, Dusun Kotakfau, Kabupaten Belu pada senin, (4/11) di adakan setahun sekali. Dalam proses penangkapan ada metode yang wajib dipatuhi oleh masyarakat diantaranya adalah pendaftaran individu/kelompok dan peserta dilarang menggunakan jaring. Alasan pelarangan untuk menguji ketangkasan sekaligus memupuk rasa kebersamaan dan keadilan warga menangkap ikan tanpa perkakas.

Persekutuan pencarian ikan bersama terbuka bagi semua warga masyarakat Desa Tohe serta Desa lain pada umumnya  dilakukan saat mendekati musim  tanam.

Kegiatan ini menjadi hiburan serta memperkuat solidaritas seluruh masyarakat yang mengikuti rangkaian acara. Oleh karena itu, ada harapan dari warga adanya pembenahan secara baik pada tahun-tahun mendatang oleh pihak terkait. ~ Admin

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan