Pengambilan Sumpah KPPS Desa Tohe

Foto: Evo/ Pengambilan Sumpah KPPS Desa Tohe

Beisarinlo’o_TOHE.DESA.ID. Sesuai dengan pasal 62 ayat 1 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 03 Tahun 2018, bahwa sebelum menjalankan tugas, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara mengucapkan sumpah/janji. Sumpah janji tersebut mengandung tanggungjawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, serta tanggungjawab terhadap pengamalan kode etik penyelengara pemilu.
Sumpah janji ini pada hakekatnya merupakan pernyataan seseorang yang lahir dari lubuk hati yang paling dalam, untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu atas dasar kesadaran.

Foto: Evo/ Panitia Pelantikan KPPS Desa Tohe pada Pemilu Capres dan Wapres, DPR, DPD, DPRD

oleh karena itu, sebagai pelaksanaan UU Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, maka berdasarkan keputusan KPU Kab. Belu Nomor: 29/HK.03.1-Kpt/5304/KPU-Kab/IV/2019 tentang penetapan dan pengangkatan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara se-Desa Tohe pada pemilu 2019.

Dengan adanya pengambilan sumpah/janji ini maka pelaksana atau anggota pun bersumpah akan memenuhi tugas dan kewajiban sebagai anggota KPPS dengan sebaik-baiknya, akan menjalankan tugas dan wewenang, bekerja dengan sungguh-sungguh, Jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilu DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta DPRD.

KPPS merupakan ujung tombak pelaksanaan pemilu di lapangan, oleh karena itu perlu adanya ketelitian serta kerja sama yang baik demi terlaksananya pemilu yang aman dan tertip, pesan Videlis Hale (PPK Kecamatan Raihat dan sebagai Koordinator Wilayah) Desa Tohe.

Foto: Evo/ Pengambilan Sumpah KPPS Desa Tohe oleh Ketua PPS Desa Tohe (Yuliana Elsi Parera)

Untuk jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) di desa Tohe paling banyak di wilayah kecamatan Raihat yaitu sebanyak 15 TPS yang tersebar di tujuh dusun dengan total pemilih sebanyak 4.848 pemilih aktif yang terdaftar di Daftar Pemilihan Sementara (DPTS) dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 2.797 dan perempuan 2.051 pemilih.

Kegiatan Pengambilan sumpah anggota KPPS dilangsungkan di Kantor Desa Tohe pada pakul 16.00 Wita oleh Ketua PPS Desa Tohe – Yuliana Elsi Parera. Turut hadir dalam kegiatan, Koordinator wilayah dari PPK Kecamatan Raihat untuk Desa Tohe, Ketua dan anggota PPS, para ketua KPPS dan angota terlantik. (Admin_Evo)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan