MUSRENBANG RKPD DI KEC. RAIHAT BAHAS PERCEPATAN PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN SDM

Foto: Evo/ Pembukaan Musrenbang RKPD Kab. Belu di Kecamatan Raihat

TOHE.DESA.ID, Senin (4/03/2019) Pemerintah Kabupaten Belu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) secara resmi melaksanakan kegiatan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Kabupaten Belu Tahun 2019 di Aula Kecamatan Raihat.

Tujuan dari kegiatan tersebut  sebagai dasar untuk perencanaan pembangungunan pada tahun 2020 mendatang dan merupakan bagian dari perencanaan partisipatif sebagaimana amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

 “Dengan memperhatikan tema RKPD Tahun 2019 yaitu “Percepatan Pertumbuhan Ekonomi melalui Pembangunan Infrastruktur dan Pembangunan Sumber Daya Manusia,” maka sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pemerintah telah mencanangkan lima Agenda sasaran pembangunan yaitu, Peningkatan Kualitas Pendidikan, Peningkatan Kualitas Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Perkembangan Pariwisata, percepatan pembangunan infrastruktur berbasis tata ruang dan lingkungan hidup, serta Peningkatan Kinerja Birokrasi. “Pemerintah mengharapkan bahwa Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan benar-benar akan menghasilkan program kegiatan sesuai kebutuhan masyarakat di kecamatan masing-masing. Kehadiran Pimpinan OPD dan Pimpinan DPRD maupun alat kelengkapan DPRD diharapkan menjadikan forum ini berkualitas dan menjadi forum partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan.” Papar Kepala Bidang BP4D Kabupaten Belu yang membacakan sambutan Bupati Belu pada pembukaan Musrenbangcam di Kecamatan Raihat.

Hadir dalam kegiatan tersebut DPRD Kabupaten Belu Komisi I –  Paulus Samara, Kepala Bidang BP4D,  Camat Raihat, para Pimpinan/perwakilan Dinas OPD se-Kabupaten Belu, Para Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan utusan/perwakilan masyarakat desa se-Kecamatan Raihat.

Forum Musyawarah pada Tingkat Kecamatan Raihat menghasilkan kurang-lebih sepuluh usulan prioritas yang akan dibawa ke forum Musrenbang Tingkat Kabupaten dan nantinya akan dimuat dalam dukumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Belu (RKPD) Tahun 2020. Namun perlu diketahui juga bahwa dari usulan-usulan yang dirangkum tersebut tidak serta merta menjadi perioritas pembangunan karena ada juga beberapa usulan yang mendapat rekomendasi shortlist yang berarti siap dijalankan dan rekomendasi longlist karena harus menempuh proses lanjutan , hal ini terkait dengan masalah kewenangan pembangunan mengingat kecamatan Raihat merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam perhatian khusus pemerintah terkait dengan pembangunan di wilayah batas. (Admin_Evo)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan