Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tohe Tahun 2019

Musdes Perencanaan Pembangunan Tahun 2019 Desa Tohe

Beisarinloo-tohe.desa.id,  Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Desa Tohe Kecamatan Raihat, menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa  Tahun 2019. Musdes tersebut di laksanakan di Kantor Desa Tohe diikuti oleh peserta yang terdiri dari unsur BPD, Pemerintah Desa, unsur Lembaga Kemasyarakatan Desa, Babinsa Tohe, Kepala Dusun, RT/RW, Pendamping Lokal Desa, tokoh masyaraka,  tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda dan Tim PMD Kabupaten Belu.

Kades Cypryanus Mau (Tengah)-Pembukaan Musyawarah Desa Tohe Perencanaan Pembangunan Tahun 2019

Pimpinan musyawarah Desa langsung dipercayakan kepada Kepala Desa, hal ini dikarenakan Ketua BPD tidak dapat mengikuti kegiatan karena sakit. Kades mengajak masyarakat untuk bisa mengikuti musyawarah dengan penuh konsentrasi dan bisa mendengarkan dengan sebaik-baiknya semua paparan program yang telah dilist pada kegiatan Pramusyawarah sebelumnya. Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2019, penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, serta berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Dalam musyawarah tersebut Pemerintah Desa Tohe melalui bendahara-Toni Fahik melaporkan kegiatan yang sudah berjalan pada tahun anggaran berjalan (APBDes 2018) kepada seluruh peserta musyawarah. Hampir semua kegiatan sudah terlaksana tetapi ada pula beberapa kegiatan pelatihan yang belum terlaksana seperti, Pelatihan Tenun Ikat, Pelatihan Karang Taruna dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna. Oleh karena itu pada musyawarah ini juga disepakati bersama jadwal untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan tersebut sehingga bisa direalisasikan seluruh kegiatan sebelum akhir tahun penutupan anggaran.

Tim PMD Kabupaten juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat dan staf di desa agar bisa menggunakan anggaran yang telah dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan yang belum dijalankan yaitu pelatihan bagi masyarakat, sehingga anggaran ini tidak menjadi Silpa. Pemerintah desa harus segera menyelesaikan kegiatan yang belum dilaksanakan sebelum akhir tahun mengingat hanya tersisa dua pekan waktu normal untuk bisa selesaikan semua kegiatan, dan sesuai rencana penutupan kas akan berakhir pada tanggal 20 Desember ini, maka segera diselesaikan kegiatan yang masih tertunda.

Forum Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan TAhun 2019 Desa Tohe

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu, menyepakati hasil pembahasan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat  yang dimulai dari hasil penjaringan gagasan di tingkat Dusun yang akan dijadikan bahan masukan pada tahapan selanjutnya. Pengesahan ini ditandai dengan ketukan palu oleh Kepala Desa Tohe-Cyprianus Mau dengan sebelumnya memohon rahmat dari Allah dan dengan persetujuan semua peserta/forum musyawarah desa.

Akhir dari musyawarah tersebut Pendamping Lokal Desa menyampaikan Rencana Tingkat Lanjut yang harus dikerjakan untuk memproses usulan selanjutnya pada tahapan musyawarah kecamatan dan tahapan asistensi yakni melengkapi proses data penduduk, profil desa dan mempersiapkan semua data pendukung berupa dokumen-dokumen yang telah disepakati bersama. (Adm_Evo)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan