Pendekatan Pelayanan Kepada Masyarakat; Disdukcapil Kabupaten Belu Gelar Mobile Perekaman e-KTP di SMK Negeri Raihat

Foto: Evo/ Pelayanan Mobile e_KTP di SMK Negeri Raihat

Haekesak_tohe.desa.id. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belu, melakukan pelayanan Sistem Mobile Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di SMK Negeri Raihat. Sistem Pelayanan mobile ini sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang fokusnya adalah para siswa di sekolah. Kegiatan perekaman langsung dilakukan di lokasi sekolah SMK Negeri Raihat yang dimulai pada hari Senin s/d Selasa (12-13/11/2018) di Haekesak, Kabupaten Belu-NTT.

Foto: Evo/ Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil-Drs. Wilibrodus Leto saat kegiatan mobile e-KTP di SMKN Raihat

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil- Wilibrodus Leto mengatakan pelayanan di sekolah-sekolah termasuk di SMK Negeri Raihat dilakukan sebagai upaya pelayanan/penjaringan kepada adik-adik pelajar yang kesehariannya beraktivitas di sekolah dan belum sempat untuk melakukan perekaman e-KTP di tempat pelayanan umum di kecamatan. Selain itu pelayanan mobile e-KTP ini juga bertujuan agar merekam data para siswa yang umurnya sudah memenuhi syarat dan mempunyai hak pilih pada pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 mendatang.  Petugas yang datang kesini tidak hanya melakukan perekaman e-KTP  tetapi bisa juga untuk mengurus Akte Lahir dan Kartu Keluarga (KK) dan bisa langsung dicetak sehingga hasilnya bisa langsung dibawa pulang. Adik-adik tak perlu segan dengan kami karena tugas kami datang untuk melayani kalian semua.

Tak hanya para siswa yang dilayani para petugas pun  terbuka untuk melakukan pelayanan kepada beberapa guru dan masyarakat yang datang ke tempat ini. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Sekolah SMK Negeri Raihat, Dra. Yustina Manu. Kami sangat berterima kasih karena para siswa bisa mendapatkan pelayanan langsung di tempat/sekolah, sehingga siswa kami tidak harus menyita waktu mereka untuk tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah, papar Ibu Yustina.

Foto: Evo/Pelayanan mobile e_KTP di Sekolah SMK Negeri Raihat-Haekesak

e-KTP mobile di sekolah inipun berjalan dengan lancar meskipun, terdapat sedikit kendala pada jaringan network sehingga sejak kemarin terlihat para petugas beberapakali memindahkan alat-alat untuk mendapatkan posisi signal yang bagus. Kegiatan perekaman ini juga tidak mengganggu aktivitas siswa baik di kelas maupun di lahan praktek karena pelayanan dilakukan secara teratur bagi siswa yang akan melakukan perekaman.

Sesuai info yang dihimpun dari salah satu operator (Nalde), dari hari pertama sampai dengan hari ini terdapat 45 orang/siswa yang berhasil direkam karena sudah memenuhi persyaratan. Sementra itu lebih banyak yang mengurus Akte kelahiran termasuk beberapa masyarakat yang mengurusnya.  (Adm_Evo)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan