Sosialisasi Pemekaran Desa, Tohe Siap Mekarkan Dua Desa lagi

Foto: Evo/Sosialisasi Pemekaran Desa Tohe oleh Tim PMD Kab. Belu

Beisarinlo’o, tohe.desa.id. Mewujudkan efektifitas penyelenggaraan Pemdes, mempercepat kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat  kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola pemdes, dan meningkatkan daya saing di desa merupakan tujuan dari pada Penataan Desa. Oleh karena itu pada hari ini, Rabu (07/11) Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas PMD Kabupaten Belu, mengadakan Sosialisasi Pemekaran Desa Tohe  yang bertempat di Kantor Desa Tohe-Beisarinlo’o.

Foto: Evo/ Forum Sosialisasi Pemekaran Desa Tohe

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tesebut, Camat Raihat sebagai Moderator, Kepala Desa Tohe, BPD Desa Tohe, Pamong, Kepala Dusun, RT/RW, Tomas, Toda, PKK, Ketua Suku, utusan masyarakat dan Tim Sosialisasi dari PMD Kabuten Belu.

Pada agenda tersebut Leontinus Asa, selaku Tim Sosialisasi yang menjadi narasumber membeberkan aturan, syarat serta prosedur hingga terjadinya suatu pemekaran pada tatanan sistem pemerintahan di desa.   Kegiatan ini disambut positif oleh semua perwakilan masyarakat yang hadir. Hal ini dikarenakan perencanaan untuk mekarkan desa Tohe sudah terjadi sejak tahun 2010.

Salah satu faktor yang mendukung perencanaan pemekaran desa pada waktu itu ialah  adanya penambahan jumlah penduduk yang meningkat secara drastis yang merupakan dampak nyata dari pada pemisahan Timor-Timor saat ini RDTL  dari negara Indonesia. Jumlah penduduk secara keseluruhan berdasarkan data yang dihimpun dari arsip pemerintah Desa Tohe saat ini totalnya 5.264 jiwa yang tersebar di tujuh dusun dan 30 RT/RW.

Dengan adanya rambu-rambu untuk memekarkan wilayah di Desa Tohe sebagai induk, maka Desa Tohe sendiri telah merencanakan dan menyepakati bersama adanya pemekaran Dua desa lagi yakni Tohe Raiain dengan jumlah penduduk 1.005 jiwa, dan Desa Tohe Futu Kesi dengan jumlah penduduk sebanyak 1.482 jiwa dan  pembagian wilayah yang telah disepakati bersama. Hal tersebut didukung oleh pernyataan warga yang ingin agar pemekaran ini secepatnya bisa diproses.

Kepala Desa Tohe Cyprianus Mau juga berpesan kepada seluruh stakeholder dan masyarakatnya agar proses pemekaran ini kiranya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan prosedurnya dengan harapan bahwa segala rencana dan keputusan sebelumnya dikaji ulang terlebih dahulu dan harus disosialisasikan lagi kepada seluruh masyarakat desa. (Adm_Ev0)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan