Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tohe Bahas Penggunaan Anggaran Tahun 2019

Foto: Evo/Kegiatan Muswarah Perencanaan Pembangunan Desa Tohe

Beisarinlo’o_tohe.desa.id, Kamis (20/09/2018). Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan forum perencanaan (kegiatan) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini BPD bersama Pemerintah Desa, bekerja sama dengan warga masyarakat dan instansi untuk menyepakati bersama Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJM Desa.

Foto: Evo/Arahan Pembukaan Kegiatan Musrenbangdes oleh Camat Raihat

Kegiatan Musrenbangdes pada hari sebagai kelanjutan dari kegiatan musyawarah yang dumulai di tingkat Dusun masing-masing oleh Kepala Desa, BPD dan LPM Desa Tohe. Sebelumnya pada Rabu kemarin telah dilakukan juga kegiatan Pramusrenbangdes dan telah mendapat 9 usulan yang menjadi perioritas yang menjadi paparan pada hari ini. Dalam kesempatan Musrenbangdes kali ini Kepala Desa Cyprianus Mau sekaligus memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah, sementara dan kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2018 atau tahun berjalan yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan yang masuk melalui rekening Kas Desa sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa.

Foto: Evo/Peserta Musrenbangdes Tohe

Hadir dalam kegiatan ini Camat Raihat bersama tim, Kepala Desa Tohe, Wakil Ketua BPD bersama anggota, Babinsa, LPM, Pendamping Desa, para Kepala Dusun, RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Pendidikan dan Kesahatan, Kader Posyandu, Ketua PKK Desa, Tutor Paud serta utusan yang mewakili masyarakat.

Camat Raihat Raimundus Bele Bau, S.Ip menekankan kegiatan perencanan harus benar-benar untuk kepentingan bersama, menyentuh langsung/sasaran kepada masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi, pada arahan pembukaan kegiatan tersebut.

Sementara itu Penetapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan 2018 yang menjadi dasar RKPDes Tahun 2018 serta Perencanaan Usulan Tahun 2019 pada pramusrenbangdes dipaparkan dengan lugas oleh Ketua Tim Penyusun RKP Desa Tohe melalui Sekretarisnya Yasinta Ikun. Tim Penyusun sampaikan adalah merupakan rekapitulasi hasil usulan masyarakat dalam Pelaksanaan Musyawarah Dusun yang telah dipilah-pilah dan dibahas pada kegiatan sebelumnya. Ada 9 usulan yang menjadi pembahasan hari ini masing-masing dibagi pada 4 kelompok kegiatan besar yakni, Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarkat. (Admin_Sury Evo)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan