Persiapan Jelang Pesta Rakyat Panen Kelelawar (Sau Niki)-Desa Tohe Leten

Foto: Ita S/ Ritual Adat di Bibir Gua Nikimatan

Nikimatan_tohe.desa.id. H-2 menjelang kegiatan Pesta Rakyat atau Niki Fiesta/ Sau Niki (Panen Kelelawar) berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Tohe Leten bersama masyarakat, Para Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Panitia Pelaksana Perayaan ini. Sau Niki atau panen kelelawar merupakan salah satu tradisi dengan periode tiga tahun sekali, yang digelar oleh masyarakat Desa Tohe Leten, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Pesta Rakyat Sau Niki/ Niki Fiesta atau Tradisi Panen Kelelawar ini sudah merupakan kebiasaan secara turun temurun sebagai salah satu warisan para leluhur masyarakat Likubauk/Fatuto’ur dan sekitarnya dalam wilayah Kecamatan Raihat. Tradisi yang unik karena jarang ditemukan ditemukan di daerah-daerah lainnya.

Foto: Engel T/ Gapura Welcome Tohe Leten

Kegiatan pada tahun ini akan tampil beda dari pada tahun sebelumnya yakni pada tahun 2015 karena dilihat dari persiapan kegiatan yang dilakukan tahun ini jauh lebih berbeda dari pada tahun yang lalu. Pembersihan lokasi dan penempatan ikon sekitar lokasi Nikimatan saat ini, dengan adanya dukungan pembangunan dari Pemerintah Desa melalui ADD Desa Tohe Leten tempat ini disulap menjadi ikon yang akan sangat menarik sebagai salah satu tempat untuk sekedar relaksasi dengan keindahan alam batu karangnya.

Kegiatan Sau Niki sendiri telah dijadwalkan dan akan berlangsung pada hari Senin (10/09/2018). Sedikit bocoran dari admin ada beberapa persiapan yang sudah kelar pada H-2 ini antara lain,  Ritual adat sebagai izin untuk melakukan kegiatan, pembangunan Lopo-lopo sekitar gua kelelawar, Desainan Gapura dengan tulisan DESA TOHE LETEN, Papan nama dengan tulisan-tulisan kocak, dan masih banyak lagi yang akan menjadi kejutan bagi para pengunjung. Selain anda mengunjungi acara Pesta Rakyat/ Niki Fiesta di tempat ini admin juga menyarankan agar pengunjung bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang berada di sekitar lokasi tersebut.

Tempat yang disarankan untuk dikunjungi juga yaitu, Ksadan Likubauk, Meriam kuno, Makam tua, Taman Cruz, Fatuk Dikin Ularan. Tempat-tempat ini merupakan situs-situs peninggalan  leluhur yang hingga saat ini sebagiannya masi menjadi teka-teka. Di tempat ini juga anda bebas mengekspresikan gaya selfie dengan berbagai tipe kamera yang dijamin bagus dan takkan pernah ada di tempat lain. Berikut beberapa galerynya. (Admin_Evo)

Foto: NN/Para Touris Belgia abadikan momen Meriam Kuno Peningagalan penjajahan 
Tohe Leten
Foto : Mesak L. Wilik/ Ksadan Likubauk.
Foto: Evo/ Aktifitas Selfi Para Pengunjung
Foto: Evo/ Makam-makam Kunu para leluhur
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan