Gerakan Nasional Baca Buku; Ayah, Bunda Bacakan Buku untuk Anak Sejak Usia Dini

Foto: Apris/ Gerakan Baca Buku Nasional Paud Ananda Haekesak dan Paud Beisarin

Webot-tohe.desa.id. Semangat anak-anak dari gabungan PAUD Ananda Haekesak dan PAUD Tunas Beisarin pagi ini (Sabtu, 05/04) tak terbendung sejak awal kedatangan mereka yang disambut ramah oleh para Tutor dengan dampingan Bunda PAUD, orang tua/wali, pendamping/pengelola PAUD yang turut serta dalam kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) yang digelar di Taman Wisata Keanekaragaman Hayati (Kehati) Webot-Desa Tohe, Kecamatan Raihat Kabupaten Belu-NTT.

Foto: Apris/ Ajakan Bunda PAUD Juliana Sarlin Djami Gernas Baku

Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku merupakan sebuah gerakan yang digenjot untuk memacu minat baca anak sejak dini. Tujuannya adalah untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak, membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka, Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua, serta dapat Menumbuhkan minat baca anak sejak dini, demikian seperti diungkapkan Sukiman selaku Direktur Dit. Bindikkel Ditjen PAUD & Dikmas. 

Foto: Apris/ Orang Tua Membaca Buku untuk Anak

Tidak hanya mengajak orangtua untuk membacakan buku untuk anak, tetapi anak-anak juga diajak gemar membaca buku. Bunda Juliana Sarlin Djami menjelaskan, latar belakang adanya Gernas Baku ini adalah kondisi saat ini yang terjadi di masyarakat di mana kegiatan baca buku untuk anak oleh orang tua jarang dilakukan dilakukan bahkan ada juga yang tidak pernah melakukannya. Akibatnya, anak-anak menjadi kurang gemar membaca. Anak-anak saat ini malah lebih suka bermain gadget atau gawai (smart phone) dari pada gemar membaca buku. Ini terjadi dan kita alami, karena kita  orang tua jarang atau tidak membacakan buku untuk anak dan hal ini juga membuat hubungan atau kedekatan antara orangtua dan anak-anak kita-pun menjadi minim.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya  dan lagu Mars Gernas Baku oleh anak-anak PAUD. Dilanjutkan ke acara inti yakni penyerahan buku bacaan kepada orangtua, dan orang tua mulai membacakan buku untuk anaknya. Partisipasi aktif dan antusiasme yang tinggi dari peserta dan pelaksana membuat kegiatan ini sukses dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan berjalan dengan lancar. Para orang tua juga sangat mengapresiasi dan terus mendukung kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat membantu kami orang tua, memberi pelajaran dan motivasi untuk lebih memberikan perhatian kepada anak-anak kami, kami juga bisa tau  cara untuk menarik minat anak-anak dalam membaca buku” ungkap Bapak Jakie Naibili salah satu orang tua yang hadir mendampingi anaknya.

Foto: Apris/ Semangat Anak membaca buku tanpa dampingan orang tua.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Raihat, Ibu-ibu PKK dan Tim Media Desa Tohe Broadband. (Admin)

Foto & Naskah: Apris

Editing : Evo

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan