“Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” Perayaan Hardiknas Tingkat Kecamatan Raihat-Tapal Batas RI-RDTL

Foto: Evo/Upacara Peringati Hardiknas 2108 di Haekesak-Tapal Batas RI-RDTL

Haekesak-tohe.desa.id. Sekolah-sekolah di perbatasan RI-RDTL  bergabung melakukan Upacara Bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) secara terpusat menggunakan pakaian adat lengkap khas pulau Timor yang jatuh pada hari ini (Rabu, 02/05/2018) bertempat di Haekesak, Kompleks Sekolah Lapangan Hijau SMK Negeri Raihat.

Foto: Evo/Upacara Bendera Peringati Hardiknas Tahun 2018 di Lapangan Hijau SMKN Raihat

Upacara Bendera dimulai sekitar pukul 10.00 Wita yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Raihat. Tidak seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya masing-masing sekolah melakukan upacara peringatan Hardiknas di sekolahnya masing-masing, tetapi pada tahun ini atas inisiatif yang dibangun oleh Pengawas TK/SD bersama para Kepala Sekolah melakukan kegiatan Upacara Bendera Terpusat secara bersama-sama oleh beberapa sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Kapolsek Raihat sendiri terlihat memimpin upacara dengan pakaian dinas harian Polisi bersarung kain adat khas Belu.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional di bawah naungan tema Kemendikbud “MENGUATKAN PENDIDIKAN, MEMAJUKAN KEBUDAYAAN”, yang digelar pagi ini dimeriahkan dan diikuti oleh Para Kepala Sekolah dan Guru-guru bersama siswa/i dari satuan tingkat pendidikan SD, SMP dan SMK di 2 Desa dalam wilayah Kecamatan Raihat yakni Desa Tohe dan Desa Maumutin. Tergabung juga dalam perayaan ini, Utusan Dinas KOMINFO Kab. Belu, Camat Raihat bersama Staf, Kapolsek Raihat bersama Anggota, Danramil 1605-08 Raihat, Pengawas SD, Kades Tohe, Kades Maumutin, Dokter dan Petugas Medis Puskesmas Haekesak, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pengelolala PAUD serta undangan.

Foto: Evo/Acara ‘Tebe’ bersama isi Perayaan Hardiknas 2018

Usai melakukan Upacara Bendera momentum Hardiknas pada hari inipun diisi dengan kegiatan “Tebe” (Tarian Daerah Khas Belu) secara bersama-sama. Kegembiraan dan kemeriahan nampak dari seluruh peserta yang ikut ambil bagian dalam tarian spesial ini. Terik panasnya sinar matahari bukanlah menjadi penghalang semangat para peserta yang hadir dalam memeriahkan dan mengenang jasah para pahlawan yang gugur dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Kepala Sekolah SMK Negeri Raihat, Ibu Dra. Yustina Manu mengungkapkan kegiatan hari ini berlangsung meriah dan berjalan dengan baik dan juga merupakan kegiatan perdana dan bersejarah tanpa adanya persiapan yang matang dan terkesan dadakan dikarenakan adanya inisiatif dan partisipasi aktif  dari beberapa Kepala Sekolah bersama Pengawas tingkat SD dalam mengisi perayaan Hardiknas di daerah perbatasan. Oleh karena itu beliau berharap kegiatan ini bisa berlanjut pada tahun-tahun mendatang dengan persiapan yang lebih matang dan diisi dengan berbagai macam acara hiburan yang menarik. (Admin_Evo)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan