Pendekatan Pelayanan Rutin Kepada Balita dan Ibu Hamil Melalui Posyandu Beisarinlo’o dan Wemori Empat

Foto: Evo/ Camat Raihat-Raimundus Bele Bau, S.IP ikut Menimbang Anak pada Posyandu Beisarinlo'o dan Posyandu Wemori Empat

Bundaran-tohe.desa.id. Hari ini (Kamis, 19/04/2018) bertempat di masing-masing Balai Posyandu Beisarinlo’o dan Bundaran-Wemori Empat dilaksanakan kegiatan posyandu dengan kegiatan penimbangan, pemeriksaan kesehatan balita dan Ibu Hamil oleh bidan desa dari satuan tugas Puskesmas Haekesak, Desa Tohe Kecamatan Raihat. Kepala Puskesmas Haekesak-Patrisius Ratu bersama tim yang  dibantu oleh para kader posyandu desa melakukan pelayanan rutin bulanan ini kepada para Balita dan Bumil. Desa Tohe memiliki sepuluh posyandu yang tersebar di tujuh dusun. Tiap posyandu memiliki jadwal pertemuan rutin dan terjadwal.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, maka hari ini Posyandu Beisarinlo’o di Dusun Kotafoun B  dan Posyandu Wemori Empat Dusun Sakafini yang memiliki jadwal kegiatan pelayanan kepada Balita dan Ibu-ibu Hamil. “Kegiatan rutin ini yang kita lakukan setiap bulan berupa pemeriksaan kesehatan, yang meliputi : penimbangan berat badan balita, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan pemeriksaan bagi Bumil“ papar bidan Selviana Meli yang melakukan pelayan di Beisarinlo’o. 

Foto: Evo/Penimbangan Berat Badan Balita dan Pemeriksaan Ibu Hamil di Posyandu Beisarinlo’o.

 

Pada Tahun Anggaran 2018 ini Pemerintah Desa Tohe sudah mengalokasikan anggaran pada tiap posyandu untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Balita dan Fasilitasi Transport bagi para kader posyandu. Karena Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Ungkap Camat Raimundus Bele Bau, S.IP pada kegiatan monitoring posyandu hari ini bersama TP.PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas Haekesak, Kepala Desa Tohe dan TP.PKK Desa Tohe.

Peranan Posyandu di Desa Tohe sangat strategis dalam menciptakan SDM berkualitas sejak dini, dan perlu ditindaklanjuti dengan penguatan dan dukungan penuh dari Pemerintah setempat. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun terlebih dari orang tua dan semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk para  kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Foto: Evo/ Kegiatan Posyandu di Wemori Empat dan Monotoring Camat Raihat, Ketua TP.PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas, Kepala Desa Tohe dan TP.PKK Desa Tohe.

Posyandu menjadi lembaga strategis di tingkat dasar yang berperan langsung membentuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini melalui upaya peningkatan gizi ibu dan bayi serta pemantauan tumbuh kembang anak. Posyandu berperan menjadi instrumen yang mendampingi para orang tua dalam pola pengasuhan anak dan berkontribusi memberikan tambahan asupan gizi yang seimbang baik bagi anak maupun ibu hamil. (Admin_Evo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan