AKSI PUASA PEMBANGUNAN: OMK HAEKESAK-KARANG TARUNA TOHE TANAM 3.400 ANAKAN LAMTORO TRAMBA

Foto:BOBCREATIVE_/Kegiatan Penanaman 3.400 bibit Lantoro Tramba di Buburlaran-Desa Tohe

Buburlaran-tohe.desa.id. Membangun Solidaritas Sosial Demi Keutuhan Ciptaan. Demikian Tema Aksi Puasa Pembangunan yang dicanangkan Gereja Lokal Keuskupan Atambua Tahun 2018. Menanggapi tema ini, OMK Paroki St. Aloysius Gonzaga-Haekesak yang sekaligus tergabung dalam Karang Taruna Rai Tohe Kecamatan Raihat menanam 3.400 anakan pohon Lamtoro Tramba di lahan Bapak Anselmus Mau seluas kurang lebih 10 HA yang terletak di Lobus-Desa Tohe Kecamatan Raihat pada Sabtu, 24 Februari 2018. Kegiatan ini terjadi berkat kerjasama antara pemilik lahan (Bapak Anselmus Mau) yang sekaligus Ketua Kelompok Tani Webot Desa Tohe Dampingan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Belu Kecamatan Raihat dan Kelompok Tani Webot Desa Tohe Dampingan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Belu Kecamatan Raihat serta Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Pos Nunura.

Foto: BOBCREATIVE_/Pemilik Lahan Anselmus Mau pada aksi Penanaman 3.400 bibit Lantoro Tramba

Saya bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan program kerja Kelompok Tani Webot dalam rangka mempersiapkan pakan ternak mengingat adanya program bantuan ternak rutin tahunan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Belu di Kecamatan Raihat. Masyarakat harus mempersiapkan pakan ternak demi sukses dan lancarnya program dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Ternak Hewan Kabupaten Belu, tutur pemilik lahan Bapak Anselmus Mau. Terima kasih kepada Orang Muda Katolik dan Karang Taruna Desa Tohe serta Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Pos Nunura yang sudah turut terlibat membantu pelaksanaan program kerja Kelompok Tani Webot, lanjutnya.

Menanggapi pernyataan ini, DanPos Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Nunura Gede Budi Ardana Letda Inf menandaskan bahwa tugas Satgas Pamtas di daerah penugasan tidak hanya menjaga patok-patok batas Negara Kesatuan Republik Indonesia melainkan turut bersinergi dengan semua pihak terutama masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan termasuk pertanian dan peternakan.
Komandan Kompi Tempur II Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Laode Sadiran yang dikonfirmasi via telpon membenarkan pernyataan ini. Terlibat dalam kegiatan-kegiatan masyarakat merupakan salah satu tugas mulia yang harus kami jalankan. Dalam menjalankan tugas kenegaraan di sini kami bernaung di bawah motto: Siap Kerja Bersama karena Kita Bersaudara. Untuk itu, kami selalu siap bekerja bersama semua pihak terutama masyarakat di dalam semua bidang yang berpotensi menciptakan kesejahteraan bersama.

Hal senada ditegaskan oleh Romo Bob Ndun, Pr selaku Pastor Moderator OMK Paroki St. Aloysius Gonzaga-Haekesak yang sekaligus menjabat sebagai Pendamping Karang Taruna Desa Tohe Kecamatan Raihat Kabupaten Belu. Dengan penuh syukur beliau menyatakan bahwa Orang Muda Katolik dan Karang Taruna perlu untuk bekerja bersama semua pihak demi kesejahteraan bersama.

Foto: BOBCREATIVE_/OMK Haekesak, Karang Taruna Desa Tohe dan Satgas Pamtas Yonif 743/PSY pada aksi Penanaman 3.400 bibit Lantoro Tramba di Desa Tohe

Sebagai Orang Muda Katolik Paroki St. Aloysius Gonzaga-Haekesak, kegiatan ini merupakan tanggapan nyata atas Tema Umum Aksi Puasa Pembangunan yang dicanangkan Gereja Lokal Keuskupan Atambua di mana tema umum itu membutuhkan aksi nyata menjaga kelestarian lingkungan. Di samping itu, sebagai Karang Taruna Desa Tohe, kegiatan ini juga merupakan eksekusi program kerja yang telah ditetapkan. Ketua OMK Paroki Haekesak, Aprischarnisiustal Asa, dan Ketua Karang Taruna Desa Tohe, Gaudensius Fahik, S.Pt yang pernah menjadi utusan Paroki St. Aloysius Gonzaga-Haekesak untuk menghadiri kegiatan Sosialisasi Amanat Asian Youth Day VII & Animasi Program Kerja Pastoral Komisi Kepemudaan Keuskupan Atambua 2018 merupakan penghubung adanya kerja bersama ini. Saya sebagai pendamping dari dua kelompok ini mengajak semua orang muda di sini untuk bekerja bersama. Di sini, OMK dan Karang Taruna merupakan dua kelompok yang berbeda tetapi satu dalam program kerja.

Kegiatan ini melibatkan pemilik lahan dan semua anggota Kelompok Tani Webot, 8 orang anggota Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Pos Nunura dan 19 anggota Orang Muda Katolik-Karang Taruna Desa Tohe. Kegiatan dimulai pukul 08. 30 WITA dan berakhir pada pukul 16. 00 WITA. (Admin_Evo).

http://www.keuskupanatambua.org

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan