BPD siapkan Panitia PAW Kades Tohe

Foto: Evo/Pemilihan Panitia PAW Desa Tohe

Beisarinlo’o-tohe.desa.id. Badan Permusyawaratan Desa Tohe (Selasa, 19/09/2017) dalam musyawarah bersama masyarakat mulai bekerja dengan membentuk panitia pemilihan kepala Desa (PAW) guna menyelesaikan masa tugas mantan Kepala Desa periode 2013-2019 sdr. Emanuel Besin. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan amanat Perda no 6 Tahun 2016 dan telah diperbaharui dengan Perda no 10 tahun 2017.

Panitia terdiri dari Perangkat Desa dan Unsur Lembaga Kemasyarakatan sebagaimana tercantum dalam perda No 6 Tahun 2015 pasal 5 huruf b. Sebanyak 9 orang personil telah dipilih oleh forum dan ditetapkan sebagai panitia pemilihan Kades di bawah pimpinan Dominggus Kali sebagai Ketua Panitia.

PAW di Desa Tohe sendiri sebenarnya sudah harus dilaksanakan enam bulan setelah masa jabatan berakhir. Namun kegiatan ini baru dilaksanakan dengan alasan masi ada proses hukum yang berjalan selain itu, masih adanya beberapa perubahan pada Peraturan Daerah  dan Peraturan Perdes pada waktu lalu. Untuk persyaratan sendiri sama dengan persyaratan pemilihan kepala desa sebelumnya. Perbedaannya pada jumlah panitia yaitu sebanyak 9 orang. PAW tidak melalui proses pendaftaran Kades tetapi hanya melalui tahapan musyawarah desa oleh panitia yang diselenggarakan BPD. Calon Kepala Desa terbatas 3 orang calon tetapi tidak boleh satu orang atau calon tunggal. Papar Kepala Seksi Pemberdayaan Desa-Rudy.

Mewakili Panitia, Wakil Ketua Panitia Sdr. Nus Fallo di hadapan masyarakat forum musyawarah desa mengatakan siap bekerja untuk mensuskseskan pemilihan Kepala Desa Defenitif atas dukungan seluruh masyarakat desa Tohe dan harus dibekali dengan SK dari BPD Tohe dan Perda yang sudah ditetapkan sehingga proses pemilihan ini bisa sesuai dengan prosedur dan jadwal yang telah direncanakan.  (Admin_Evo)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan