Kadis Kominfo Belu: SMK perlu Optimalkan Pengetahuan TIK di Sekolah

Atambua, tohe.desa.id. Kegiatan Bimtek Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi Angkatan Kerja Muda Kabupaten Belu yang telah dimulai sejak hari Senin lalu, bertempat di Hotel Matahari Atambua telah berakhir pada hari ini Kamis 13/07/2017. Peserta yang dilibatkan adalah para lulusan SMK dari Jurusan TIK/TKJ jenjang SMK, D1, D2 dan D3.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belu- Drs. Kornelis Besin yang didampingi oleh Kabid Telematika dalam acara penutupan tersebut mendapatkan laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan dengan predikat kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan uji kompetensi yang dilakukan  di kabupaten Belu mendapat posisi terendah dari beberapa kabupaten yang sudah melakukan ujian dengan persentasi kelulusan 48% dari 70 orang peserta yang hadir sama dengan 34 orang yang berhasil lulus ujian ini.

Peserta dibagi sesuai dengan peminatan terdiri dari 6 bidang kelompok kompetensi yang diujikan antara lain:

  1. Kompetensi Desain Grafis
  2. Networking/jaringan
  3. Programming
  4. Technikal Suport
  5. Operator, dan
  6. Multimedia.

Berdasarkan hasil uji Komptensi dari ke-6 bidang kompetensi tersebut, Kadis Kominfo Belu dalam pesan penutupnya mengharapkan agar sekolah-sekolah SMK di kabupaten Belu secara khusus pada bidang atau jurusan TIK/TKJ perlu mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah-sekolah SMK. Beliau juga mengharapkan agar pemerintah melalui dinas terkait lebih memberikan perhatian khusus kepada sekolah-sekolah kejuruan yang membidangi IPTEK. Mengingat kebutuhan akan penggunaan teknologi dalam dunia kerja saat ini sangat didukung oleh para tenaga-tenaga profesional dalam bidang IT.

Selain harapan tersebut, Kadis Kominfo merencanakan akan meningkatkan pengetahuan TIK kepada masyarakat/sekolah-sekolah SMK dengan melibatkan para tenaga terampil  dari Para Pendamping Desa khususnya Para Pendamping Desa Broadband  yang sudah ada di  lima desa dalam wilayah Kab. Belu. (Adm_Suri Leon)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan