Pemberdayaan: Anggota Koperasi Mitan Gita Haekesak Siapkan Demplot Sengon

Foto: Evo/Penyiapan Demplot

Fatukadi, tohe.desa.id (Sabtu, 27/05/2017)_Sebagai upaya pemberdayaan peningkatan ekonomi kepada masyarakat/anggota, Koperasi Mitan Gita Haekesak yang baru saja membuka cabang di wilayah ini, sejak beberapa hari lalu telah mempersiapkan lahan demplot tanaman sengon di Fatukadi-Dusun Haekesak. Di atas lahan kurang lebih 1/2 ha ini mulai dipersiapkan tempat pembibitan sengon untuk wilayah TTU, Belu dan Malaka.

Foto: Evo/Pembersihan Lahan Demplot

Pekerjaan yang dilakukan atas inisiatif para anggota ini didasarkan pada permintaan yang tinggi akan kebutuhan bahan baku sengon di pasaran, sehingga dengan adanya kerja sama/kontrak kerja antara perusahaan dan Koperasi Mitan Gita selama 25 tahun kedepan pohon inipun akan mulai dikembangkan secara luas dan dibudidayakan di wilayah ini.

Foto: Bob Ndun/Persiapan Demplot

Demplot sengon dilakukan secara gotong royong dimana anggota sama-sama mempersiapkan tempat dengan cara manual menggunakan alat seadanya. Ada beberapa persiapan yang dilakukan antara lain tempat sebagai demplot, pembibitan dan penanaman sengon di lahan anggota kelompok.

Foto: Evo/Persiapan Lahan Demplot

Fenomena bahwa pohon sengon telah menjadi primdona baru di dunia perkayuan bukan lagi hal baru. Hal ini ditandai dengan banyaknya lahan yang dulunya pekarangan atau sawah telah beralih fungsi menjadi lahan tanam pohon sengon di sebagian wilayah di Indonesia. Umur tanaman inipun mencapai 5 tahun sudah bisa dipanen.

Dengan adanya kegiatan partisipasi dari masyarakat ini pemerintah wilayah setempat diharapkan untuk ikut berperan aktif dalam mendukung upaya pemberdayaan yang telah dibangun oleh masyarakatnya. (Adm)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan