Terkendala Listrik Puluhan Komputer di SMPN 2 Tastim tidak difungsikan

Foto: Evo/Ruang Lab. Komputer SMPN 2TASTIM

Wemori-tohe.desa.id. Pendidikan Iptek menjadi penting bila didukung dengan sarana pembelajaran yang memadai. Dalam proses belajar Iptek sudah tentu harus saling menunjang antara teori di kelas dan praktek menggunakan peralatan di lapangan/laboratorium. Hal ini berlaku umum pada semua jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Foto: Evo/Ruang Lab. Komputer SMPN 2TASTIM

Hal demikian tidak terjadi di sekolah ini. Salah satu sekolah yang berbatasan langsung dengan Negara Republic Demokratik Timor Leste-SMPN 2 TASTIM Desa Tohe, Kecamatan Raihat Kabupaten Belu-NTT Indonesia. Sekolah ini mendapat sarana belajar komputer tablet sebanyak 30 unit pada beberapa tahun lalu namun masih tetap tersimpan rapih seolah hanya jadi pajangan dalam laboratorium ber-AC berlaskan permadani berwarna hijau dan tidak pernah dioperasikan oleh guru maupun siswa dalam melakukan praktek belajar di sekolah.

Aneh tapi nyata! Sarana lengkap tapi tidak bisa difungsikan. Kendala utamanya lagi-lagi listrik di wilayah perbatasan ini. Hal ini dikeluhkan oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Tastim pada kunjungan kerja Tim Tohe Broadband Terpadu pada pagi tadi (Selasa, 21 Maret 2017 pukul 10.30 wita).

Foto: Evo/ Kepala Sekolah SMPN 2 Tastim- Yanuarius Wadan, S.Pd

“Kami punya komputer banyak di lab. tetapi tidak bisa pakai praktek anak-anak karena listrik tidak mampu untuk aktifkan peralatan komputer, kami juga khawatir kalo alat ini bisa rusak kalo tidak digunakan sekian lama” ungkap Kepsek Yanto Talok, S.Pd yang juga baru dilantik sebagai kepala sekolah pada sepekan lalu.

Untuk menunjang target pembelajaran yang maksimal di sekolah ini maka sudah tentu masalah ini harus diatasi sekarang. Sebab pelajaran Iptek/TIK tidak cukup hanya dengan teori belaka tanpa melakukan praktek, swlain itu juga menjadi dasar untuk proses belajar selanjutnya pada tingkatan sekolah menengah dan PT. (Admin)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan