BUMDES Tohe Resmi Dibentuk dengan Bekal Pelatihan Manajemen

Zetan
Foto: Suri Leon/ Pembentukan dan Pelatihan Manajemen BUMDES Desa Tohe

 

Beisarinlo’o. Pemerintah Desa Tohe bersama masyarakat hari ini bersepakat dalam musyawarah bersama di kantor Desa Tohe-Beisarinlo’o untuk membuka/membentuk suatu usaha bersama dalam hal ini BUMDES di Desa Tohe.

Kegiatan Pembentukan dan Pelatihan Manajemen BUMDES in dihadiri oleh Kaban BPMD Kab. Belu- Bpk. Egidius Nurak bersama tim, Camat Raihat Drs. Yulius Seran, Pj. Kepala Desa Tohe Kantibmas Tohe bersama masyarakat yang terdiri dari tokoh adat, tokoh masyarakat, dan perwakilan tokoh perempuan dan pemuda.

dscn0070
Foto; Suri Leon/ Materi Pelatihan Tupoksi badan pengurus BUMDES

Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Pada fase awal mulainya usaha ini akan diinvestasikan modal dari APBDes Tohe tahun 2017 sebagai modal bagi BUMDES di desa ini. Adapun tujuan utama dari terbentuknya BUMDes ini diantaranya sebagai berikut; dapat meningkatkan perekonomian di desa Tohe, dapat meningkatkan pendapatan asli desa Tohe, dapat meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di desa Tohe.

Oleh karena itu diharapkan agar terbentuknya BUMDES ini sebagai perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel. Sehingga diperlukan upaya yang serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Tohe dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional.

Selain Pembentukan BUMDes masyarakat langsung dibekali dengan pelatihan dengan materi berupa Tupoksi kepengurusan BUMDES dan administrasi BUMDES mulai dari pencatatan hingga pelaporan.

1 Comment

Tinggalkan Balasan