Kelompok UEP di Desa Tohe

Kegiatan kelompok Usaha Ekonomi Produktif masyarakat Desa Tohe
Kegiatan kelompok Usaha Ekonomi Produktif masyarakat Desa Tohe
Kegiatan Pembentukan kelompok Usaha Ekonomi Produktif (KUEP) masyarakat Desa Tohe

Beisarinlo’o-Tohe Broadband. Usaha  Ekonomi Produktif (UEP) adalah perbuatan atau kegiatan di bidang ekonomi yang dilaksanakan oleh Rumah Tangga dan atau Kelompok Usaha Ekonomi/Poktan/ Gapoktan/Koperasi/Koperasi Tani/KUD untuk meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja dan ketahanan pangan masyarakat berbasis sumberdaya lokal. Sedangkan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bantuan penguatan modal usaha untuk kegiatan usaha ekonomi produktif dan memberikan bantuan modal untuk pembelian alat pengolah organik (APO), sehingga diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan pangan bagi rumah tangga rawan pangan/miskin  kelompok sasaran/binaan pedesaan dan perkotaan.

Maksud Pengembangan dan Peningkatan Usaha Ekonomi Produktif di Desa Tohe yakni mendorong terjadinya peningkatan aktivitas dan kreativitas usaha pada kelompok masyarakat Desa Rawan Pangan/Miskin, sedangkan pemberian bantuan modal untuk pembelian APO dimaksudkan untuk meningkatkan dan pengembangan usaha kelompok dalam pengembangan pupuk organik untuk mendukung pengembangan padi organik melalui System Rice Intensifikation (SRI) maupun Pertanian Organik secara umum.

Adapun tujuan kegiatan UEP Desa Tohe adalah:

  1. Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tohe;
  2. Menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan jiwa kewirausawan Masyarakat Desa Tohe;
  3. Mengembangkan kegiatan dan kesempatan berusaha  berbasis potensi lokal Desa;
  4. Meningkatkan pendapatan masyarakat;
  5. Meningkatkan ketahanan pangan dan mengembangkan stok pangan lokal (Cadangan Pangan).

Sasaran penerima manfaat kegiatan UEP diprioritaskan kepada Rumah Tangga miskin yang tergabung dalam Kelompok Usaha Ekonomi sebanyak 5 kelompok dengan masing-masing kelompoknya berjumlah 10 orang

Sasaran Out Come dari kegiatan UEP  di desa ini adalah meningkatnya kegiatan usaha masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat, meningkatnya pendapatan serta berkurangnya tingkat kerawanan pangan dan gizi.

Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif dilaksanakan pada tahun 2016 terhadap 5 kelompok tersebar di 7 Dusun dalam wilayah Desa Tohe. Untuk membina dan memonitor perkembangannya dilakukan kegiatan pendampingan oleh tim kesejahteraan sosial.

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan