Desa Tohe: Aksi Mogok berkantor oleh masyarakat di Kantor Desa

       (Tohe Broadband), Sehari setelah pelantikan Penjabat Kepala Desa Tohe (Bernadino De Jesus) menggantikan Kepala Desa Terpilih Periode 2013-2019 (Emanuel Besin) pada Senin, 27/06/2016 lalu sejumlah masyarakat pendukung kades terpilih yang menolak adanya pemberhentian Saudara Emanuel Besin dari jabatannya sebagai Kepala Desa Tohe oleh Bupati Belu, melakukan aksi protes dengan memblokir kegiatan di Kantor Desa Tohe. Aksi protes ini dilakukan pada hari Selasa 28/06/2016 sejak pukul 07.00 wita hingga pukul 14.00 wita.

       Puluhan masyarakat bersama Tokoh masyarakat dan sejumlah anggota BPD  ini melakukan aksi mogok berkantor di depan kantor dan melakukan orasi menolak pemberhentian Kades terpilih karena mereka menganggap Pemberhentian Kades oleh Bupati Belu tidak sesuai dengan prosedur (tidak melalui tahapan musyawarah mufakat antara masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa Tohe).

       Dalam orasi yang dipimpin oleh salah satu tokoh masyarakat ini masyarakat meminta agar masalah pemberhentian kades ini terus diproses lebih lanjut ke PTUN karena masalah praduga tak bersalah terhadap pembagian raskin di Desa Tohe yang dihadapi oleh sdr. Emanuel Besin dan sampai saat ini belum adanya bukti-bukti yang menyatakan mantan kades ini bersalah.

       Adapun harapan dari masyarakat yang datang agar masalah ini diproses lebih lanjut secara adil dan damai mengingat desa ini merupakan salah satu desa yang berada di wilayah batas dan mayoritas penduduknya adalah penduduk warga baru yang datang pada tahun 1999 (warga yang berasal dari Timor-Timur). (Evo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan